Jumat, 11 September 2009

Mukzizat mengangkat kedua tangan saat takbiratulihram

Diriwayatkan dari Abdullah Ibnu Umar bahwa jika rasulullah SAW memulai shalat beliau mengangkat kedua tangan beliau sejajar dengan kedua bahu beliau… (HR. Bukhari)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah. Dia berkata: Rasulullah SAW bersabda:
Setiap sesuatu memiliki bagian utama dan bagian utama shalat adalah takbir pertama.(HR. Bukhari)

Haiz Ibnu Hajar berkata: “mengangkat kedua tangan diawal shalat diriwayatkan oleh 50 puluh sahabat, diantaranya sahabat yang diberi kabar gembira akan masuk surga.

HR. Bukhari berkata : tidak ada sanad yang lebih shahih dari pada sanad-sanad pengangkatan tangan.

Dalam kehidupan biasa, manusia mengalami lengkung pada daerah punggung. Kerusakan ini banyak tersebar pada pekerja kantor /pelajar yang harus membungkukan punggung ke atas meja dalam dalam waktu yang relatif lama. Juga pada orang-orang yang memiliki tabiat membungkukan punggung saat berjalan. Diantara akibatkan yang ditimbulkan dari kerusakan ini adalah berkurangnya kapasitas udara keparu-paru hal ini menyebabkan berkurangnya kapasitas darah bersih yang teroksidasi, berkurangnya kuantitas darah yang membawa oksigen dan makanan ke sel-sel tubuh, berkurangnya metabolisme dalam sel-sel serta berkurangnya kuantitas darah yang mengusung sisa-sisa pembakaran pada sel-sel dan mengembalikannya ke jantung dan paru-paru untuk dibersihkan melalui proses pergantian gas pada kedua paru-paru akibatnya kecepatan tubuh untuk membersihkan diri dari sisa-sisa pembakaran pada sel-sel akan berkurang dan ini efektif mempercepat munculnya kelemahan otot sebagai akibat dari menumpuknya sisa-sisa pembakaran.
Mengangkat kedua tangan dengan tatacara yang disbutkan dalam hadis-hadis nabawi yang mulia dapat mengembalikan punggung pada keseimbangan seusai melakukan aktifitas yang dapat menimbulkan kerusakan lengkung pada daerah punggung. Pengangkatan kedua tangan yang di contohkan oleh rasulullah dalam shalat apbila dilakukan secara konsisten dan disiplin dapat menambah luas dada. Selanjutnya kapasitas udara ke paru-paru akan bertambah, Kuantitas darah yang teroksidasi akan bertambah, kuantita darah yang membawa makanan dan oksigen ke sel-sel tubuh akan bertambah dan kecepatan tubuh untuk membersihkn diri dari sisa-sisa proses metabolisme pada sel-sel akan bertambah. Dengan demikian , munculnya kelemahan otot dapat di perlambat. Demikian juga ,fase ketegangan intelektual dapat diperlambat . Dan hasil dari semua itu adalah bertambahnya system-system biologis pada tubuh. Subhanallah … Rasulullah bagimu segala kemenangan kebenaran.

Tidak ada komentar: